Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

14.10.09

KADAR AIR BENIH


Penentuan kadar air benih dari suatu kelompok benih sangat penting untuk dilakukan. Karena laju kemunduran suatu benih dipengaruhi pula oleh kadar airnya. Di dalam batas tertentu, makin rendah kadar air benih makin lama daya hidup benih tersebut.
Penetapan kadar air adalah kandungan air dalam benih yang diukur berdasarkan hilangnya kandungan air tersebut dan dinyatakan dalam persentase terhadap berat asal contoh benih. Kadar air optimum dalam penyimpanan bagi sebagian besar benih adalah antara 6%-8%.


Kadar air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan benih berkecambah sebelum ditanam, sedangkan dalam penyimpanan menyebabkan naiknya aktifitas respirasi yang dapat berakibat terkurasnya cadangan makanan dalam benih karena proses respirasi merupakan proses katabolisme dimana terjadi perombakan zat makanan. Tetapi perlu diingat bahwa kadar air benih yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada embrio.
Tujuan penetapan kadar air benih adalah untuk mengetahui kadar air benih sebelum disimpan dan untuk menetapkan kadar air yang tepat selama penyimpanan dalam rangka mempertahankan viabilitas benih tersebut.
Benih yang akan di uji kadar airnya diambil dari contoh kirim. Untuk benih yang dihancurkan, berat minimal contoh kirim adalah 100 gram. Sedangkan untuk benih yang tidak dihancurkan, berat minimumnya adalah 50 gram. Contoh kirim ini kemudian dijadikan contoh kerja. Karena alat yang digunakan untuk menetapkan kadar air benih berupa cawan porselen maka, berat contoh kerja yang digunakan untuk wadah yang berdiameter < 8 cm adalah 4-5 gram sedangkan untuk wadah yang berdiameter > 8 gram digunakan c.k 10 gram.

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

 

INSPIRASI HARI INI

Kamis, 29 Oktober 2009 (10 Dzulqaidah 1430 H)

”Seorang mukmin tidaklah mengambil faidah yang lebih baik setelah takwa kepada Allah dari isteri yang shalihah; yang jika dia menyuruh isterinya maka isteri itu mentaatinya, jika melihatnya isteri itu menyenangkannya, jika bersumpah atas nama isterinya maka isterinya itu memenuhinya, dan jika suami tidak di rumah maka isteri itu menjaga harta dan kehormatan suaminya.” Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, hadits no. 1847







Sabtu, 14 November 2009 (26 Dzulqaidah 1430 H)

”Kepada segenap umat muslim di seluruh dunia Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur. AMIN..”







Selasa, 17 November 2009 (29 Dzulqaidah 1430 H)

”Terkadang apa yang dipandang oleh mata terlihat baik padahal sesungguhnya buruk menurut pandangan Allah, jika telah seperti ini tinggalah pasrah dan sabar menanti segala ketetapan terbaik yang dipilihkan oleh Tuhan Allah SWT, tetap ikuti cerita kehidupan ini yang penuh dengan episode yang berbeda. Semoga Tetap Semangat”







Kamis, 19 November 2009 (01 Dzulhijah 1430 H)

”Sukses seringkali datang pada mereka yang berani bertindak, dan jarang menghampiri orang yang penakut yang tidak berani mengambil konsekuensi”
Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - Hirupbagja's Blog is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO